Rabu, 28 Maret 2012

5 cara agar tetap konsisten

 
1. Murokobah
Artinya : Mengenali betul apa yang ditekuni !
Kalau saya tidak mengenali betul apa manfaat dari manfaat maen bulutangkis, maka saya bisa saja tidak hadir maen bukutangkis, saat badan saya agak gak enak.
Ummi saya bisa saja tidak hadir ikut senam, dengan alasan agak pegel dikit, kalau ummi saya tersebut tidak mengenal betul apa dan manfaat dari senam yang diikutinya.
Untuk sebuah amal kebaikan atau suatu hobi yang positif, pasti banyak deh yang menghalangi, entah keadaan ataupun syetan.
So ???
1. Kenali betul apa yang anda tekuni. Apa sebenernya yang sedang anda tekuni itu ???!!!!
2. Manfaatnya apa dengan menekuni tersebut ?
3. Kalau saya gak tekun di bidang itu, efek apa yang terjadi pada saya ? ada rugikanya kah ?
3 Pertanyaan di atas harus dijawab benar-benar saat ingin menekuni suatu bidang yang ujung-ujungnya mengejar kesuksesan.
Ingat-ingat sekilas deh ke belakang, perbuatan apa saja yang anda bisa tekuni sampai sekarang.
Dipastikan ! anda sudah pernah menjawab 3 pertanyaan di atas.
Lewat kertas, ataupun yang lebih dahsyatnya : hati dan bawah sadar anda yang sudah pernah menjawabnya.
2. Muahadah
Artinya : Disiplin untuk dilakukan. Baik mood atau gak mood !
Banyak alasan untuk gak disiplin dengan mengatakan :
“gw lagi gak mood aja. Kalo gak mood mah gw tetep kerjain”
No ! Agar disiplin, tidak boleh disangkut pautkan dengan yang namanya mood atau gak mood.
Anggap saja gak nyambung, kalau menyangkut pautkan antara mood dan gak mood dengan yang namanya disiplin.
Di salah satu workshop tenteng penulisan saya ingat, kalau pembicaranya berbicara :
” mau mood atau gak mood, wajib tetep nulis setiap hari ! gak ada kata ! “
” terserah nulis berapa banyak kek, yang penting anda nulis ! “
Yap anda sudah tidak perlu diperjelas lagi khan tentang disiplin itu apa ?
Mau mood atau gak mood, mau lagi sibuk apa gak,  tetep kerjakan sesuai dengan rencana yang sudah anda bangun.
Itu yang disebut disiplin !
3. Muhasabah
Artinya : Cek lagi dan lagi…,
Owww owww owww, jangan lupa selain sudah mengerti betul dengan apa yang ditekuni, terus sudah melakukan kedisiplinan yang tinggi, jangan lupa untuk mengecek lagi.
Jangan-jangan disiplin anda selama ini adalah, disiplin dalam jalur yang salah. Atau agak keluar jalur.
Saat saya akhir-akhir ini membahas SEO, ada seseorang yang marah-marah dan mengatakan kalau saya keluar jalur artikel-artikelnya.
Tidak donk…, Saat saya membuat blog ini. saya intinya pengen berbagi aja !
Ya berbagi Motivasi, Inspirasi, ilmu SEO, blogging, ataupun trik-trik.
Kalau saya dahulu memutuskan untuk konsisten di bidang motivasi pada blog ini, berati beberapa minggu yang lalu, saya keluar jalur.
Tapi karena saya memutuskannya untuk berbagi yang penting berbagi ! maka saya tidak keluar jalur.
So ???? Silahkan cek, anda sedang keluar jalur gak ?
ps : sebagai contoh dalam masalah muhasabah ( cek dan cek ), bisa dibaca artikel Ukur Kemajuan Bisnis Anda !
4. Muakobah
Artinya : Penghukuman dan Pemberian hadiah kepada diri sendiri.
Apabila anda mencapai target anda, beri hadiah ! Entah dengan jajanin temen-temen, infak, ataupun jajan yang muas-muasin diri sendir samapai kenyang !
begitu juga apabila anda kendor, hukum diri anda juga !
Agak gak terima juga saat saya dengar nasehat ini di seminarnya Tung Desem Waringin.
Ngapain juga coba ngasih hadiah dan neghukum diri sendiri. Mendingan janji di depan orang lain gitu kek. Bukannya lebih mangstep tuch ?
Ternyata tidak.
Memberi hadiah dan menghukum diri sendiri atas pencapaian yang ditargetkan, ternyata menyimpan sebuah manfaat.
Kalau anda memberi hadiah atas keberhasilan anda, yang bangga adalah alam bawah sadar anda !
percaya deh !
Saat anda memberi hadiah itu, maka akan timbul kepercayaan diri anda bahwa anda bisa mencapai target-target anda.
Penting loh PD bisa mencapai sebuah target !
Bbegitu PD, rasanya sebuah target yang dicanangkan sudah berhasil 50%, meski belum ngapai-ngapain.
Dan begitu PD yang mengakibatkan yakin timbul, maka tunggulah bantuan dari alam. Hukum Law Of Attraction coy…, ( Tentunya Allah yang mengijinkan pula )
Begitu juga sebaliknya, meski yang menhukum diri sendiri atas kegagalan anda, maka anda merasakan sendiri kalau :
” ahhh gak enak juga ya gak ngejar target…kayaknya merasa cemen ajaaaa masa gitu aja gak kekejar akibat ketidak konsistenan gw sich ”
5.  Mujahadah
Artinya : Pengoptimalan.
Yeah ! Setelah ngerti, disiplin, ngecek, dan memberi hadiah, sekaranglah saatnya mengoptimalkan hasilnya lagi.
Bagus memang dapet nilai 90 melulu saat ulangan, tapi bukanlah baik kalau ditingkatkan untuk bisa menghasilkan lebih tinggi.
Tidak perlu langsung dapat 100.
Dapat 91-pun sudah merupakan pengoptimalan.
habis itu 92, 92, 94, dan lama-lama 100.
Tahu istilah Kaizen ?
Istilah orang Jepang.
Yang Artinya  melakukan perbaikan terus menerus. Sedikit tidak mengapa. Yang penting terus menerus membaik.
Tek tek tek…. perlahan tapi pasti…,
Okeh ! Selesai !

Itulah 5 cara agar Tetap Konsisten yang semoga bermanfaat buat saya dan anda.
Terimaksih banyak kepada Ustad Agus Lukman atas nasehat dan ceritanya mengenai kesuksesan orang Jepang, sehingga telah memberikan saya pemahaman serta cara agar tetap konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar